Kamis, 21 April 2011

Resep Bakmi Jawa yang Menggoda

Yummy…. ungkapan itu yang selalu muncul ketika seseorang menikmati cita rasa khas dari bakmi jawa. Hidangan dari Jawa, khususnya DIY dan Jawa Tengah ini ternyata memiliki cita rasa yang unik dan benar – benar khas Jawa. Kenikmatan suasana sederhana serta aroma hidangan  kampung yang kental dari hidangan ini selalu dicari para konsumen baik lokal maupun dari luar daerah.
Cita rasa khas bakmi jawa yang menggunakan mie basah ini, didapat dari cara masaknya yang masih menggunakan bahan bakar arang. Sehingga asap arang mampu memberikan aroma yang khas pada mie yang diolah. Biasanya menu yang disajikan di warung bakmi jawa adalah bakmi godhog alias mie rebus, bakmi goreng, nasi goreng serta magelangan alias campuran nasi dan mie goreng.
Menu ini banyak dijajakan di daerah Jogja, serta Jawa Tengah. Banyaknya usaha rumahan yang menjual bakmi jawa yang kini telah sukses memiliki pelanggan tetap, hingga menghasilkan keuntungan yang besar. Menjadikannya sebagai salah satu contoh usaha yang dapat digunakan untuk membuka peluang sukses dengan bisnis rumahan.
Menu bakmi jawa juga dilengkapi dengan telur  itik dan suwiran ayam kampung, sehingga rasa yang diciptakan semakin special. Menu ini lebih enak jika disantap saat masih hangat, sambil menikmati suasana malam yang ada di pinggiran jalan di kota Jogja maupun Jawa Tengah. Akan menambah kenikmatan cita rasa bakmi jawa yang dihidangkan.
Bagi Anda yang ingin mencoba membuat menu bakmi jawa sendiri, berikut kami berikan resep menu tersebut. Selamat mencoba di rumah.
Resep Mie Goreng Jawa
  • Bahan
  • 400 gr mie basah 200 gr kol 2 bh tomat 3 btg daun bawang 2 btg daun seledri 400 gr ayam goren 4 sdm minyak goreng kaldu ayam kampung secukupnya (sebagai pemberi aroma saja 2 btr telur, kocok lepas 2 sdm kecap manis 2 sdm bawang goreng
  • Bumbu halus
  • 4 bh bawang putih 6 btr bawang merah 4 btr kemiri 1 sdt merica 3 sdt garam
  • Cara membuat
  • - Siram mie dengan air hangat, tiriskan. - Iris kol ukuran 1 cm, belah-belah tomat, iris-iris daun bawang 1 cm, iris halus seledri, sisihkan. - Suwir-suwir daging ayam buang tulangnya, sisihkan. - Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum, - Tambahkan sedikit kaldu ayam. - Setelah itu tuangi telur kocok sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan sampai telur  matang - Masukkan kecap manis dan ayam suwir. - Masukkan kol, tomat dan daun bawang, masak sampai sayuran agak layu, - Tambahkan mie dan seledri, aduk sebentar, angkat. - Sajikan mie goreng kedalam piring saji, taburi bawang goreng. - Hidangkan selagi panas dengan pelengkap acar dan irisan lombok ( bagi yang suka pedas). Sumber gambar : http://yiskandar.files.wordpress.com/2009/09/mbah-hadi3_r.jpg bisnisukm.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar