Selasa, 19 April 2011

Minum Teh 8 Gelas Atau Kopi 4 Gelas Sehari Masih Aman

Jakarta, Teh dan kopi adalah salah satu minuman berkafein yang jika dikonsumsi kebanyakan berbahaya bagi kesehatan. Namun pakar nutrisi sepakat minum teh 8 gelas sehari atau minum kopi 4 gelas sehari masih aman.

Pakar nutrisi dari Inggris, Dr Carrie Ruxton mengatakan bahwa selama ini orang menganggap bahwa teh, kopi dan minuman berkafein lainnya berbahaya.

"Mitos selama ini mengatakan bahwa kafein tidak baik untuk jantung, terutama jika kebanyakan. Hal itu memang benar, tapi sebanyak apa konsumsinya, itulah yang perlu dicari tahu," ujar Ruxton seperti dilansir dari Reuters, Senin (9/11/2009).

Ruxton dan rekannya pun akhirnya mencoba mencari tahu jumlah yang aman untuk mengonsumsi teh. Ia membandingkan 47 jenis studi tentang kafein, terutama teh.

Sebuah kesimpulan akhirnya didapatkan Ruxton. Ia mengatakan, kafein bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Jumlah maksimal mengonsumsi kafein adalah 400 mg sehari, dan jika dikonversi dengan jumlah kafein pada secangkir teh, artinya 8 gelas teh sehari. Sedangkan untuk kopi adalah 4 cangkir.

"Kafein yang terlalu banyak memang tidak baik untuk tubuh, tapi 8 gelas teh sehari tidak akan menyebabkan efek samping yang buruk," jelas Ruxton.

Jumlah itu adalah jumlah optimum yang memberikan efek terbaik untuk kesehatan. Kandungan flavonoid dan antioksidan pada kafein membuat tubuh tetap terjaga, terhindar dari penyakit dan meningkatkan kemampuan otak.

Anak-anak pun tidak dilarang untuk minum teh atau kopi, tapi jumlahnya sebaiknya tidak lebih dari 95 mg sehari atau sekitar 2 cangkir teh atau 1 cangkir kopi sehari.
Nurul Ulfah - detikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar