Senin, 18 April 2011

MANFAAT SUSU KAMBING


Kambing PE (Peranakan Ettawa)
Susu Kambing telah dimanfaatkan sebagai obat dan bahan kosmetika sejak ribuan tahun silam. Bahkan Cleopatra ratu cantik dari Mesir Kuno pun telah memanfaatkannya untuk mandi susu dalam mempertahankan kecantikan dan kemolekan tubuhnya. Susu merupakan sumber protein terbaik setelah telur. Anak yang diberi susu tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan anak yang diberi makanan yang sama, tetapi tanpa minum susu (Dr. Rini Damayanti, dipl.CN). Berbagai literatur dan hasil penelitian para ahli membuktikan bahwa susu kambing mempunyai banyak sekali kandungan gizi, dan juga merupakan satu-satunya susu hewan yang bisa dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu seperti ASI. Susu Kambing  baik untuk memperbaiki ion-ion tubuh dan sangat cocok untuk orang yang berpenyakit dada/paru-paru juga sangat baik untuk pengidap TBC. Kandungan lemak susu kambing memberikan peluang untuk memenuhi kebutuhan energi pada balita. Lemak susu kambing unggul karena globul lemak (dan protein) susu kambing jauh lebih kecil, lebih halus, dan lebih homogen tersebar dalam susu kambing dibandingkan susu lainnya.
KHASIAT SUSU KAMBING
  • Mencegah kelemahan tulang, pengeroposan atau kelemahan pembentukan gigi untuk anak-anak dan dewasa.
  • Mempunyai sifat antiseptik alami dan bisa membantu menekan pembiakan bakteri dalam tubuh. Hal ini disebabkan adanya fluorine yang kadarnya 10-100 kali lebih besar daripada susu hewan lain.
  • Bersifat basa (alkaline food) sehingga aman bagi tubuh.
  • Membangkitkan pertumbuhan bakteri baik dan bermanfaat di dalam usus.
  • Proteinnya lembut dan efek laktasifnya ringan, sehingga tidak menyebabkan diare bagi pengkonsumsinya.
  • Gula susu (laktosa) dapat melindungi mucosa (selaput lendir) dalam usus.
  • Laktosa pada susu dianggap sebagai dasar pembentukan galaktosa pada selaput otak dan sel-sel saraf.
  • Mengandung zat bergizi tinggi baik protein, lemak, hidrat arang dan mineral serta mengandung beberapa vitamin yang di perlukan tubuh.
  • Menambah vitalitas (meningkatkan kemampuan intim pria dan wanita).
  • Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  • Lemaknya mudah dicerna karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus, lebih kecil dibandingkan dengan butiran lemak susu lainnya dan bersifat homogen alami. Butiran lemak susu kambing hanya 3,49 mikrometer. Hal ini mempermudah hati dalam mencernanya sehingga menekan timbulnya reaksi alergi.
  • Membantu menyembuhkan penyakit kurang darah (anemia), diabetes militus, gangguan pernafasan (asma,
  • bronchitis, TBC dll), rheumatik dan asam urat.
  • Mempunyai efek Anti Kanker berdasarkan hasil riset di Amerika
  • Komposisi Kalsium dan Phospor yang paling seimbang dibanding susu lain, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tulang anak-anak dan mencegah keropos tulang bagi orang dewasa.
KANDUNGAN SUSU KAMBING
Kualitas protein susu kambing dilaporkan mirip protein dalam ASI dengan kandungan asam amino dalam susu kambing sedikit melebihi. (Kompas, September 1999). 

Tabel kandungan nutrisi Susu per 100 gram 
Kandungan Nutrisi
Satuan
Susu Kambing
ASI
Air
Gr
83,0-87,5
88,3
Karbohidrat
Gr
4,60
6,9
Energi
Kcal
67,00
69,1
Protein
Gr
3,3-4,9
1,0
Lemak
Gr
4,0-7,3
4,4
Kalsium (Ca)
Mg
129,0
33,0
Phospor (P)
Mg
106,0
14,0
Zat Besi (Fe)
Mg
0,05
0,02
Vit.A
IU
185,0
240,0
Vit.B1 (Thiamin)
Mg
0,04
0,01
Vit.B2 (Riboflavin)
Mg
0,14
0,04
Niasin (Niacin)
Mg
0,30
0,20
Vit B12
Mg
0,07
0,04
                                                                                     Sumber: Balai Penelitian Ternak Bogor.

Kandungan utama susu Kambing berupa fluorine (F) sangat besar khasiatnya sebagai antiseptik untuk TBC dan pelindung jaringan paru-paru. Susu kambing mengandung flourin yang kadarnya cukup tinggi yaitu 10-100 kali lebih banyak dibandingkan susu lainnya. Unsur ini merupakan antiseptik alami yang mengandung elemen pencegah timbulnya bakteri di dalam tubuh. Kehadiran flourin dapat meningkatkan ketahanan tubuh sehingga dapat menghambat berkembangnya bakteri patogen (seperti TBC dll).
Kandungan vitamin B dan reaksi laktasif susu kambing juga membantu proses pencernaan, mengurangi gejala stres akibat konstipasi, insomnia, indigesti neurotik. Susu kambing dengan kapasitas bufer yang tinggi terkait dengan kandungan mineral yang lebih unggul dan meningkatkan manfaatnya bagi penderita radang usus dan semacamnya.
Kandungan vitamin dan mineral susu kambing cukup baik, dan lebih mendekati kandungan gizi ASI. Dalam hubungannya dengan balita, ASI tidak dapat digantikan susu lain. Bagi balita lepas sapih yang sering harus menghadapi pangan orang dewasa yang kurang cocok, maka faedah minum susu kambing bagi anak balita tentunya sangat tinggi.
Dalam suatu studi dimana balita diberi tambahan minum susu kambing sekitar satu liter didapatkan bahwa kelompok balita tersebut menunjukkan kandungan mineral tulang, vitamin A dalam plasma darah dan kalsium dalam serum darah, yang ternyata lebih tinggi.  

PENYAJIAN SUSU KAMBING
1.     Dipanaskan/dikukus dalam suhu 60-75°C selama 10-15 menit selanjutnya dapat dikonsumsi. Susu dapat dimasukkan bersamaan dalam panci yang berisi air dingin (tanpa membuka kemasan plastiknya) sampai cair, setelah itu dipanaskan (tidak terlalu lama) dan dapat dikonsumsi.
2.     Penyajian susu kambing ini dapat dikombinasikan dengan penggunaan gula, kopi, coklat, jahe, madu, telur atau ekstrak buah-buahan.
3.     Susu kambing dapat diminum 2 gelas sehari pagi dan sore. Dapat disimpan untuk jangka panjang dalam keadaan beku di dalam freezer.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar