Senin, 18 April 2011

LAGI...KHASIAT HABBATUSSAUDA...

Habbatus Sauda pada awalnya dijumpai di kubur Firaun Tutankhamen di Mesir. Diyakini sebagai simbol keabadian dan kesehatan pada zaman Mesir purba. Habbatussauda ialah sejenis tumbuhan berupa rumput berwarna hitam kecil yang banyak tumbuh di kawasan beriklim gurun dan di kawasan Mediterranian. Didalamnya terdapat bijian hitam sebesar 3mm yang dinamakan Habbatussauda. Ia banyak tumbuh di Mesir dan di negara-negara Laut Tengah dan di India. Nama ilmiah tumbuhan ini adalah Nigella Sativa. Tumbuhan ini juga di kenal sebagai ‘Black Cumin/Black Seed’ dalam bahasa Inggris. Orang Melayu menamakannya Jintan hitam. Dikalangan orang India dinamakan Kalonji. Sedangkan di Prancis disebut Faux Cumin. Habbatussauda telah digunakan dengan meluas sebagai bahan penyembuh berbagai macam jenis penyakit semenjak 2000 tahun yang lalu.


                                    HADIST NABI TENTANG HABBATUS SAUDA
Artinya: "Tetaplah kalian dengan Habbatussauda, karena sesungguhnya ia mengandung obat bagi segala macam penyakit, kecuali al-Sam atau mati."    
(Hadis Sahih Riwayat Bukhari-Muslim )
Artinya: "Sesungguhnya, Habbatusssauda dapat menyembuhkan segala macam penyakit, kecuali al-Sam." Saya bertanya: ‘Apakah al-Sam itu ?’ Baginda menjawab: Al-Sam ialah maut !"  ( Riwayat Bukhari )  Note: Terdapat 14 hadis sahih mengenai Habbatussauda
                                               KHASIAT HABBATUSSAUDA
 
Penguatan Sistem Imunisasi: Mampu meningkatkan daya tahan tubuh melawan penyakit,  membersihkan darah kotor dan toxin, menghilangkan demam dan flu.
Anti-Histamin: Histamin ialah bahan yang dikeluarkan oleh sel-sel di dalam tubuh yang menyebabkan kesan alergi. Habbatussuda mengandung bahan penghalang protein Kinase C (bahan penghasil Histamin).
Anti-Tumor: Penelitian invitro mendapati Habatussuda dapat menghalangi pembentukan sel-sel tumor. Oleh karena itu ia baik digunakan untuk membantu menghalangi penyakit kanker.
Anti-Bacteria: Habbatussauda baik untuk mereka yang sering bermasalah dengan perut.
Anti-radang(inflammation): meringankan radang tenggorokan (bengkak), radang paru-paru (asma).
Anti-Arthritic: meringankan radang sendi.
Antiseptic: menghilangkan bau mulut.
Anti Oksidan: sebagai antioksidan (pencegah radikal bebas) bersifat alami.
Analgesic: sakit gigi, sakit kepala (migrain).
Nematocidal: menghilangkan cacing pita.
Dermatology: membantu menghilangkan jerawat dan eksim.
Aktivitas hormon: mengatur Haid dan ASI.
Urinary Tract: membantu melancarkan saluran kemih , ginjal.
Gastro Intestinal Tract: membantu menghilangkan mabuk, diare, kejang, konstipasi (sembelit), empedu.
System Sirkulasi: meningkatkan kinerja jantung.
Respiratory tract: membantu menghilangkan sesak nafas (asma).

Habatusauda juga baik untuk: 
ü  Mengobati Darah tinggi
ü  Darah Rendah
ü  Diabetes (menurunkan kadar gula)
ü  Paru-paru
ü  Sakit dada
ü  Kanker
ü  Menyegarkan tubuh
ü  Kemandulan
ü  Keputihan berbau
ü  Menstabilkan hormon Endoktrin yang menguatkan syahwat
ü  Melancarkan Pencernaan
ü  Mengatasi Stress dan Sulit Tidur
ü  Menurunkan kolesterol
ü  Stroke
ü  Lumpuh Sebelah
ü  Luka di hati
ü  Pencegahan dan Kemoterapi kanker dan Tumor
ü  TBC
ü  Asam Urat
ü  Menyegarkan dan Menetralisir halusinasi pengaruh obat-obatan
ü  Menghancurkan lemak
ü  Menghaluskan dan Mengencangkan kulit, baik untuk wanita sehabis melahirkan
ü  Mencegah infeksi, sebelum dan sesudah operasi.
ü  Neurosis (sakit jiwa ringan)
ü  Anemia
ü  Epilepsi dan Bawasir

                                                KANDUNGAN HABBATUSSAUDA
Habbatussauda (Nigella Sativa) mengandung bahan aktif yang disebut Nigellion dan Timocinon. Nigellion dan Timocinon berfungsi dalam tubuh sebagai anti histamin, anti oksidan, anti infektif, dan broncodialating (melonggarkan tenggorokan) Habatusauda mengandung 67 kandungan bahan aktif di dalamnya, bahan-bahan ini dapat membantu menyembuhkan penyakit. Bahan-bahan kandungan Habatusauda antara lain ialah Fixed Oil (saturated dan Unsaturated), Minyak Asas (sterol, thymohydroquinone, carvone, limonine, cymene), Alkaloids, Saponin dan Asam Amino Essensial pembentuk protein.
Serta kaya akan:
*        Monosaccharide glukosa, xylosa, rhamnosa dan lain-lain.
*        Komponen bahan diet fiber (serat).
*        Kaya dengan asam lemak tak jenuh esensial yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh hanya didapat dari makanan. Berfungsi membantu tubuh mencegah infeksi, meningkatkan kekebalan tubuh dan mengendalikan reaksi alergi serta omega 3 dan omega 6.
*        15 Asam amino 9 diantaranya asam amino esensial pembentuk protein, yang juga tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.
*        Mengandung karotine yang kemudian diproses oleh hati (liver) menjadi vitamin A, vitamin ini mencegah kanker (anti-cancer activity).
*        Sumber kalsium, zat besi, dan potassium yang berfungsi sebagai penyeimbang (covactor) pada fungsi enzim.
*        Arginin, merupakan bahan aktif yang penting untuk masa pertumbuhan balita.
*        Alkaloid antara lain seperti Nigellicine.
                             PENDAPAT PENELITI MENGENAI HABBATUSSAUDA
Sejak tahun 1959, lebih dari 200 riset telah dihasilkan oleh peneliti-peneliti dunia, diantaranya:
Habbatussauda merangsang tenaga dan membantu memulihkan stamina dan semangat. Habbatussauda juga dapat menyembuhkan batuk ‘bronchitis’. (Buku Ibnu Sina ‘Canon of Medicines’)
Masalah perut, cacingan, masalah kulit seperti jerawat, sakit senggugut dan haid, menambah ASI, dsb (Buku Ibnu Qayyim’Medicine of The Prophet’).
Bahan Ekstrak Habbatus sauda menunjukkan kesan amat positif terfadap imunisasi  badan dan dapat digunakan sebagai Bio-regulator. (Prof. G.Reitmuller, Director of Institut of Immunology, Universitas of Munich, Germany).
Kajian oleh Dr. Ahmad El Qadi (Islamabad, Pakistan) dan Dr. Usama Qandil (Florida, USA) mendapati pengambilan 1 gram Habbatussauda sebanyak 2 kali sehari mempunyai kesan peningkatan yang mengagumkan terhadap fungsi imunitas tubuh.Dr. Peter Schleicher, seorang pakar imunisasi (Immuniologist) di Munich mendapati Habbatussauda berhasil menyembuhkan sebanyak 420 orang dari 600 orang sukarelawan penyakit allergic. Kebanyakan penderita ini mengidap allergi terhadap polen dan habuk, jerawat dan saraf kulit, penyakit asma, dan penyakit-penyakit yang pada umumnya mempunyai daya tahan yang lemah terhadap jangkitan. (Dr. Peter telah dipilih sebagai ahli paling muda di world Academy of Scientist).
Para peneliti di Amerika menulis laporan pertama di dunia mengenai khasiat ‘anti-tumor’ yang di tunjukkan oleh Habbatussauda. (Study of The Effects of Nigella Sativa on Humans).
Habbatussauda dapat menghentikan ‘inflammations’ dan masalah saraf kulit (neurodermitis) (Prof. Michael Meurer, Dermatology Clinic of Munich, Germany).
Para peneliti di Cancer and Immuno-Biological Laboratory of Germany mengesahkan Habbatussauda dapat merangsang ‘bone marrow’ dan sel-sel immunitas, meningkatkan sekresi ‘interferon’ dan mempertahankan sel-sel normal terhadap pemusnahan oleh sel virus. Habbatussauda juga dapat memusnahkan sel-sel tumor dan meningkatkan bilangan antibodi yang menghasilkan ‘B cells’.
”Ada lebih dari 50 penyakit dapat diobati dengan biji Habbatussauda” (Ibnu Qayyim Al Juziyah: Al Tibb An Nabawi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar