Senin, 02 Mei 2011

TIPS MEMBUAT MIE

Mie
Bikin Mie terlihatnya gampang-gampang susah. Nah, bagi yang pertama kali ingin mencoba membuatnya sendiri, ini ada tips agar dapat menghasilkan mie kenyal, warna merata, tidak mudah lembek bila di rebus dan mampu menciptakan taste mie yang lembut.
  1. Sebelum digiling, diamkan adonan selama 15 menit agar adonan tidak mudah putus (kenyal). Masukkan hasil mie setelah di giling ke dalam plastik. agar warna tidak cepat berubah. Dalam perebusan sebaiknya menggunakan air bersih dengan pH 6-7
  2. Jenis Tepung yang cocok untuk membuat mie adalah tepung terigu jenis medium sampai dengan hard. Tepung terigu medium termasuk tepung yang kandungan proteinnya 10-11% dan tepung jenis hard kandungan proteinnya 12-13%.
  3. Dalam perebusan hasil mie dengan tepung terigu protein rendah memerlukan waktu perebusan lebih singkat dibandingkan mie yang dibuat menggunakan tepung terigu protein tinggi. Karena mie dengan tepung terigu berprotein rendah akan cepat lembek bila di rebus agak lama.
  4. Perhatikan juga proses pengadukan mie. Campurkan semua bahan yang ada sampai rata. Diamkan adonan selama 15 menit. Lalu adonan di roll beberapa kali pada ukuran sama sampai adonan membentuk lembaran yang terlihat halus dan berwarna rata. Istirahatkanlah kembali adonan selama 15 menit. Setelah itu baru adonan di tipiskan sesuai dengan ketebalan yang diinginkan dan di potong.
Nasia.FI jurnalbogor.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar